Syarat Pinjaman Bank Jaminan AJB Tanah 2019

 Pinjaman Bank Jaminan AJB
Dengar dengar ada informasi mengenai pinjaman bank BRI jaminan AJB (Akta Jual Beli), Apakah itu benar? Untuk menjawab jawaban tersebut memang mudah, iya atau tidak. Namun untuk pengetahuan jangka panjang mengenai AJB sebaiknya pahami apa itu AJB dan jenis jenisnya. Sebab ada perbankan yang menerima ajb sebagai jaminan, ada yang tidak. Jadi sangat wajar kalau kalian sedang encari bank yang menerima pinjaman jaminan ajb (akta jual beli) agak sulit. Sebab AJB bukan bukti kuat secara kepemilikan sebuah properti, melainkan hanya sekedar akad jual beli sekaligus sebagai salah satu bukti pengalihan hak atas tanah dan bangunan. Bukan sertifikat, jadi kepemilikan atas properti kurang kuat. Itulah mengapa alasan mengapa banyak bank yang meragukan nasabah yang mau gadai ajb.

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Pertahanan Nasional (Perkaban) No. 08 tahun 2012 tentang pendaftaran tanah, AJB adalah akta otentik yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) atau seorang Notaris yang merupakan syarat dalam jual beli tanah. Dibuatnya AJB oleh PPAT/notaris maka tanah sebagai obyek jual beli bisa dialihkan (balik nama) dari penjual kepada pembeli. Ada juga istilah PJB dalam jual beli tanah, PJB adalah Perjanjian Jual Beli antara pembeli dan penjual. Namun perjanjian tersebut tidak otentik (tanpa saksi seorang notaris). PJB digunakan hanya untuk mengikat perjanjian awal sampai AJB dibuat agar tidak ada kesalahpaham pada proses jual beli tanah. Jadi sudah sangat jelas disini apa fungsi AJB. Anda dijadikan agunan bank, apakah cukup kuat? Tentu tidak.

Jadi, Pinjaman Bank BRI jaminan AJB bisa apa tidak?


Mungkin dari uraian sebelumnya bahwa informasi mengenai pinjaman Bank BRI jaminan AJB tidak ada. Apalagi BRI sebagai BUMN sangat mematuhi kebijakan pemerintah. Kemungkinan BRI tidak menerima AJB sebagai jaminan. Namun memungkinkan pada bank swasta atau lembaga non bank seperti pegadaian, sebab AJB juga penting ketika belum digunakan untuk balik nama sebagai bukti sementara. Jadi sementara waktu kalian harus mengurus balik nama dan membuat SERTIFIKAT HAK MILIK, SHM atas tanah yang kalian beli dari si penjual. Jika masih ingin mau nyari tempat pinjaman dengan jaminan ajb, ada dua bank yang kemungkinan menerima gadai ajb yakni Bank CIMB Niaga dan Bank Danamon.

Bank Cimb Niaga adalah bank swasta terbesar kedua setelah bank bca yang tengah berkembang di kawasan asia tenggara, termasuk di Indonesia. Masa perkembangan tersebut menjadi alasan cimb niaga menerima debitur yang mau menjaminkan AJBnya. CIMB Niaga memberi layanan kepada para kreditur dengan memberi dua pilihan dengan jaminan AJB,yaitu Mikro Madya Loan dengan plafon maksimal 50 juta dan tenor sampai 3 tahun. Kedua adalah Kredit Mikro Utamdengan jumlah maksimal 100 juta dengan tenor 36 bulan. Kalian bisa pinjam uang di cimb niaga sesuai dengan kemampuan kalian dan sesuai dengan nilai taksiran aset yang dijaminkan lewat AJB.
HAL Yang Harus di Perhatikan Saat Pengajuan Pinjaman AJB

Syarat Pinjaman Mitra Karya cimb niaga Jaminan AJB:
  • Memiliki usaha Kegiatan Produktif dengan Pengalaman Usaha > 24 Bulan
  • Berlokasi < 5 km dari cabang kantor cabang cimb niaga
  • TDP/Pengesaha Kemenkumham
  • SIUP
  • NPWP
  • KTP 
  • Profil usaha
  • Laporan Keuangan 2 tahun terkahir

Meski kalian tidak bisa mengajukan pinjaman bank BRI jaminan AJB, kalian bisa pinjaman jaminan AJB di CIMB Niaga. Namun ada hal yang perlu digaris bawahi pada pengajuan, yakni AJB merupakan akta fudisia. Artinya Akta yang harus dibuat dihadapan ke notaris untuk didaftarkan ke kantor pendaftaran fidusia. Lho kenapa? Agar Ada kekebalan hukum AJB yang dijaminkan. Tujuan lainnya dari kekebalan hukum itu adalah menghindari jika kreditur mengalami masalah dengan ketidakmampuan melunasi pinjaman, kredit macet. Maka pihak bank akan bisa menyita aset yang di jaminankan melalui AJB. Begitu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Syarat Pinjaman Bank Jaminan AJB Tanah 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel