Cara Gadai Emas Tanpa Surat/Sertifikat

Bisakah gadai emas tanpa surat? Tentu saja bisa. Tanpa surat atau sertifikat emas bisa digadai, dijual atau dibeli karena nilai emas bisa ditaksir berdasarkan karat emas dan berat emas itu sendiri. Tapi mengenai harga jual emas tanpa surat tidak ada standarisasi. Artinya harga emas bisa jatuh atau berkurang dari harga jual emas saat itu.

Alasan lain gadai emas tidak meyakinkan para pedagang atau perusahaan gadai karena surat emas digunakan untuk menentukan nilai murni dari emas dengan mudah. Jika emas tanpa surat tentu membutuhkan alat taksir karat dari emas yang belum tentu toko emas punya dan menerimanya. Apalagi jika kuitansi pembelian tidak ada, maka akan menambah kecurigaan terhadap emas yang akan digadaikan.


Cara Gadai Emas Tanpa Surat/Sertifikat
Cara Gadai Emas Tanpa Surat/Sertifikat
Jika Anda ingin menjual emas tanpa surat, Anda akan dikenai biaya administrasi dan biaya peleburan. Umumnya toko akan melebur emas jika modelnya sudah tidak sesuai tren dan akan dibuat kembali menjadi perhiasan dengan model terkini. Seharusnya biaya tambahan ini nggak terlalu signifikan, karena perhitungan harga jual emas dilihat dari berat emas itu sendiri.

Namun jika anda hanya menggadaikan saja anda bisa menggadaikan emas di tempat tempat penggadaian resmi maupun perorangan yang meneruma gadai tanpa surat. Secara prosedur, sebelum digadaikan, emas akan dilakukan pengecekan keaslian dan penaksiran terhadap emas batangan ataupun emas perhiasan yang akan digadaikan oleh pegadaian/bank syariah dimana tempat kita akan menggadaikan emas kita.

Hasil dari pengecekan keaslian dan penaksiran, maka akan keluar angka taksiran yang akan menjadi patokan berapa nilai gadai yang bisa dihasilkan oleh emas batangan ataupun perhiasan yang kita gadaikan.


Ada dua cara gadai yakni gadai syariah dan gadai konvensional, jika emas tanpa surat sebaiknya menggunakan gadai konvensional saja agar lebih mudah. Anda dapat memperoleh pendanaan hingga 90% harga logam mulia dan 85% harga perhiasan emas. Namun karena ini emas tanpa surat mungkin akan lebih rendah dari nilai tersebut.

Anda bisa menggadaikan emas tanpa surat dipegadaian/banksyariah seperti menggadaikan emas biasanya, hanya ada tambahan waktu untuk pengecekan keaslian emas untuk menaksir harga jual emas. Syarat syarat juga seperti gadai emas biasa seperti KTP asli dan salinannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Gadai Emas Tanpa Surat/Sertifikat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel