Ini Resiko Telat Bayar Premi, Polis Bisa Dibatalkan!

Telat bayar premi - Jika premi asuransi tidak dibayarkan tidak tepat waktu apa resikonya? Apapun alasannya pasti ada resikonya, namun secara pasti tergantung pihak perusahaan asuransi. Semua perusahaan punya aturan dan kebujakan masing masing dalam menangani masalah nasabahnya, termasuk dalam menangani nasabah yang telat bayar asuransi. Telatbayar adalah hal sangat wajar dari manusia yang tal luput dari masalah lupa itu, entah karena kesibukan atau memang sedang dalam kegiatan yang tidakmemungkinkan untuk bayar. Untuk menghidar hal hal tersebut tentu anda membutuhkan tips bayar tepat waktu agar tidak lapse/polis dibatalkan.

Apa yang akan terjadi apabila anda terlambat membayar premi ke pihak asuransi itu pasti akan membuat anda sedikit rugi. Bisa jadi secara otomatis polis asuransi anda akan dibatalkan (lapsed), dan kebanyakan ‘Perusahaan asuransi tidak akan memberikan ‘Notice of Cancellation’ atau pemberitahuan bahwa polis anda batalkan, karena itu akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Sebab perusahaan asuransi berpatok pada Ketentuan dalam PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia)

Aturan tersebut juga tercantum dalam undang undang asuransi, sbb :

Pasal 2 : Pembayaran Premi
“… bahwa setiap premi terhutang harus sudah dibayar lunas dan secara nyata telah diterima seluruhnya oleh pihak Penanggung.

2.1.1 maka pelunasan pembayaran premi harus dilakukan dalam tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari kalender dihitung dari tanggal mulai berlakunya Polis;

Tidak hanya dalam undang undang saja , dalam polis-polis standar AAUI ( Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) lainnya pembayaran premi harus sudah dibayar lunas dalam waktu 30 hari. Apabila ada keterlambatan dalam pembayaran premi maka polis otomatis batal dengan sendirinya tanpa harus menerbitkan endorsemen pembatalan, seperti tertera dalam pasal 2.

Dari pasal dan aturan tersebut, sangat jelas bawha ketika anda terlambat dalam membayar premi per bulan, polis anda akan ditutup. Artinya anda tidak akan mendapat manfaat dari asuransi yang anda ikuti. Anda tidak bisa claim manfaat.

Namun, perusahaan asuransi juga tidak semena mena, meninggalkan nasabahnya, karena nasabahnya adalah sumber penghasilan. Jadi ada cara agar aktif kembali sebagai nasabah dan mendapatkan manfaatkan kembali. Yakni dengan cara pemulihan polis. Pemulisan polis sesuai dengan aturan masing masing perusahaan tetapi saya akan memberi contoh pemulihan. silakan baca : 2 Cara Pemulihan Polis Prudential

Adapun tips tips agar terhindar dari yang namanya lapse polis, berikut ini :

Pembayaran Auto debit

Pembaran premi dilakukan dengan metode auto debet lewat rekening bank. Jadi anda enggak perlu repot repot bayar pernulan ke atm atau ke kantor cabang asuransi. Asal uang didalam rekeningi= memenuhi anda sudah bisa membayar asuransi, karena secara otomatis uang anda akan dipotong otomatis untuk bayar premu per bulan.

Premi Murah dan sesuai kemampuan

Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kemampuan anda perbulan, sehingga anda tidak perlu repot repot utang untuk membayarnya.  Anda bisa mematok premi dari penghasilan anda perbulan. 10-20 persen. Tidak lebih dari iitu. Karena kebutuhan kita itu banyak, enggak cuma makan dan bayar asuransi.

Demikian, smeoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Resiko Telat Bayar Premi, Polis Bisa Dibatalkan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel