Keuntungan dan kerugian Asuransi Bagi Nasabah

Apa si keuntungan dan kerugian mengikuti asuransi? Kok banyak orang yang membeli asuransi? em, bagi sebagian orang yang sadar dan telah mengikuti asuransi mungkin sudah tahu apa manfaat ikut asuransi, namun bagi anda anda yang baru mau mengorek informasi mengenai asuransi tentu butuh pemahaman dasar mengenai asuransi. Asuransi adalah sebuah bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi.

Keuntungan dan kerugian Asuransi Bagi Nasabah

Menurut KUHD pasal 246, asuransi adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu. Jadi jika dikaitkan dengan manfaat berupa keuntungan, asuransi menjamin resiko baik secara finansial, kesehatan dan jiwa.

Manfaat keuntungan itu akan anda dapatkan seperti penjelasan point point dibawah ini :

Memberikan rasa aman


Rasa aman adalah Tujuan membeli asuransi, karena asuransi memberi berbagai perlindungan finansial.Perusahaan akan mengeluarkan santunan jika anda mengalami sakit, kecelakaan,dan peristiwa lainnya yang menyebabkan resiko terhadap anda. Resiko resikoitu mungkin bisa kita hadapi sendiri tanpa asuransi, namun apakah anda sanggup ketika harus mengeluarkan dana besar secara mendadak? Tentu tidak, dengan membeli asuransi setidaknya anda seperti menyediakan payung sebelum hujan deras.

Merupakan simpanan yang pada saat jatuh tempo dapat ditarik kembali 

Ketika anda membayar premi anda setiap bulan dengan jumlah tertentu, maka anda sama saja seperti menabung di Bank. Uang itu akan bisa ditarik kembali suatu saat nanti.


Terhindar dari resiko kerugian atau kehilangan 

Dengan membeli asuransi kerugian yang anda alami akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai resiko resiko yang tercantum dalam polis. Tidak menutup kemungkinan tanggungan itu lebih besar daripada jumlah premi yang kita bayarkan.

Memperoleh penghasilan dimasa yang akan datang


Khusus asuransi syariah, ada yang namanya surplus sharing, dimana akan anda pembagian hasil kepada nasabahnya. Ini sama saja dengan investasi diperusahaan, anda akan menerima keuntungan jika pengeloaan uang tersebut menghasilkan pendapatan berlibat dari jumlah premi yang dibayarkan.

Memperoleh penggantian akibat kerusakan atau kehilangan

Khusus untuk asuransi motor dan mobil, ada penangungan resiko kehilangam, artinya jika motor dan mobil anda diasurnasukan dan mobil anda hilang, maka perusahaan asuransi akan menggantinya yan baru. Enak kan? Selain itu juga kerusakan ringan sampai kecil juga akan diganti. Pokoknya aman deh.

Itulah keuntungan yang akan ada dapatkan ketika membeli asuransi, lalu bagaimana dengan kerugiannya? Berikut beberapa kerugian yang akan anda alami:

Ada biaya akusisi selama 5 tahun

Dalam asuransi itu ada biaya akuisisi, akusisi ini dipotong dari premi yang nasabah bayarkan setiap bulannya. Tahun pertama biaya akuisis adalaj 100%, tahun kedua 85%, tahun ketiha sampai ke lima 15%, artinya, selama tahun anda akan membayar biaya akuisis, jadi saldo anda tidak sesuai dengan jumlah premi yang dibayarkan untuk proteksi. Tahun ke 6 baru 100%.

Lingkup Penanggulangan Resiko terbatas

Potensi kerugian yang ditanggung perusahaan asuransi sangat terbatas pada resiko-resiko yang dapat diukur nilai ekonomisnya. Selain itu, asuransi hanya akan membayar bila kita mengalami kerugian akibat kejadian yang tercantum pada polis. Bila kita membeli asuransi kebakaran, tentunya kita tidak akan mendapat santunan bila rumah kita rusak karena gempa bumi.

Premi bisa hangus

Pada beberapa asuransi, premi yang kita bayarkan akan hangus bila tidak terjadi klaim sampai jangka waktu asuransi habis.Ini yang seringkali membuat orang enggan berasuransi. Banyak yang mempertanyakan kemana uang nya jika ia tidak juga mendapatkan hasil dari premi yang dibayarkan, namun tujuan utama membeli asuransi adalah memindahkan resiko. Nasabah asuransi memindahkan resiko rugi pada perusahaan dan mendapat imbalan berupa rasa aman. Rasa aman itulah yang dibayarkan dengan premi. Jadi, bila asuransi jatuh tempo, uang yang kita bayarkan tidak akan kembali. Karena pada masa asuransi tersebut, sebenarnya kita telah membeli perlindungan.

Demikian keuntungan dan kerugian dalam mengikuti asuransi yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk terjun dalam asuransi. Sekian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keuntungan dan kerugian Asuransi Bagi Nasabah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel