Daftar 5 Kelompok Barang Mewah kena PPnBM

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) merupakan pajak yang dikenakan pada barang yang tergolong mewah yang dilakukan oleh produsen (pengusaha) untuk menghasilkan atau mengimpor barang tersebut dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya. Di Indonesia, peraturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35/PMK.010/2017, tentang jenis barang kena pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah.




Aturan dikeluarkan  pemerintah melalui dan ditandatangani oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pada 1 Maret 2017. Aturan pun langsung berlaku dan rilis. Terdapat beberapa berbedaan, yakni mengenai kapal pesiar dan yact tidak lagi kena PPnBM yang tarifnya  mencapai 75%. Sebelumnya, pada peraturan yang belum direvisi tercantum bahwa kapal pesiar, kapal ekskursi, dan kendaraan air semacam itu terutama dirancang untuk pengangkutan orang, kapal feri pribadi dan yacht pribadi dikenakan PPnBM 75%.

Bagaimana dengan yang lain?

Tidak ada perubahan tarif di kelompok lainnya, hanya saja peraturan ini menyesuaikan Pos Tarif (HS) yang baru sesuai PMK Nomor 6/PMK.10/2017.

Berikut adalah daftar kelompok Barang mewah dan tarifnya berdasarkan  PMK Nomor 6/PMK.10/2017

PPnBM 20%. Properti:
Rumah dan town house dari jenis nonstrata title dengan luas bangunan 350m2 atau lebih.
Apartemen, kondominium, dan townhouse dari jenis strata title atau sejenisnya dengan luas bangunan 150m2 atau lebih.

PPnBM 40%. Kelompok balon udara dan balon udara yang dapat dikemudikan, pesawat udara lainnya tanpa tenaga penggerak.

PPnBM 40%. Kelompok peluru senjata api dan senjata api lainnya, kecuali untuk keperluan negara: Peluru dan bagiannya, tidak termasuk peluru senapan angin.

PPnBM 50%. Pesawat Udara selain yang tercantum pada nomor 2 di atas, kecuali untuk keperluan negara dan komersial:
  1. Helikopter
  2. Pesawat udara dan kendaraan udara lainnya
PPnBM 50%. Kelompok senjata api dan senjata api lainnya, kecuali untuk keperluan negara:
  1. Senjata artileri
  2. Revolver dan pistol
  3. Senjata api (selain senjata artileri, revolver dan pistol) dan peralatan semacam itu yang dioperasikan dengan penembakan bahan peledak.
PPnBM 75%. Kelompok kapal pesiar mewah, kecuali untuk keperluan negara atau angkutan umum: 

Kapal pesiar, kapal ekskursi, dan kendaraan air semacam itu terutama dirancang untuk pengangkutan orang, kapal feri dari semua jenis, kecuali untuk kepentingan negara atau an
gkutan umum.
Yacht, kecuali untuk kepentingan negara atau angkutan umum. '

Pada point kelompok PPnBM berdasarkan peraturan terbaru PMK Nomor 6/PMK.10/2017 sudah dihapus atau tidak lagi dikenakan PPnBM.

Aturan ini keumngkinan akan terus berganti menyesuaikan perkembangan zaman, faktor ekonomi dll agar lebih fleksibel. Untuk itu anda juga perlu cek peraturan terbaru agar tidak ketinggalan. Namun untuk saat ini PMK Nomor 6/PMK.10/2017 yang berlaku.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daftar 5 Kelompok Barang Mewah kena PPnBM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel