Begini Cara Klaim Asuransi Prudential Untuk Kesehatan

Sebenarnya cara klaim asuransi prudential sudah dijelaskan diawal sebelum anda membeli asuransi prudential oleh agen pemasar yang baik. Agen akan menjelaskan prosedur ini dengan jelas sekalipun anda tidak meminta untuk dijelaskan, karena itu adalah sebagian dari hak nasabah. Namun bagi sebagian agen yang orientasinya pada keuntungan dan tidak fokus menolong orang pasti hal demikian akan terlewatkan. Jadi, mengingat klaim asuransi cukup penting dan menjadi hak para nasabah asuransi pendidikan, jiwa maupun kesehatan serta manfaat tambahan lainnya seperrti rawat inap dan rawat  jalan saya akan jelaskan disini secara lengkap.
Klaim Asuransi Prudential

klaim adalah salah satu bagian cara menggunakan asuransi prudential yang mana bertujuan memberikan manfaat berdasarkan ketentuan yang terdapat pada polis asuransi. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, KBBI, klaim asuransi  adalah suatu permintaan secara resmi untuk ditujukan kepada pihak perusahaan asuransi sebagai tertanggung dengan meliputi aspek perlindungan ganti rugi atau finansial dari pihak tertanggung sesuai dengan kontrak perjanjian tertulis dengan penanggung dan perusahaan asuransi sebagai pihak tertanggung. Agar proses klaim cepat dan mudah disetujui oleh pihak perusahaan anda harus benar-benar melihat prosedur, syarat dan ketentuan awal yang ada dalam polis asuransi.

Klaim asuransi prudential memiliki banyak perbedaan tergantung dari produk asuransi yang anda ikuti. Sekalipun masih dalam produk asurnasi kesehatan, namun variasi produknya juga bermacam macam. Jadi sebelum klaim perhatikan beberapa hal berikut agar proses klaim lancar:
  1. Perhatikan proses Lihat polis dari asuransi yang anda ikuti, hal ini berkaitan dengan sebenarnya apa klaim yang ingin anda dapatkan atau apa manpaat bila Anda ajukan klaim ( semua manfaat sudah tertera pada polis Anda masing-masing ).
  2. Polis Anda harus masih dalam periode masa aktif-inforce atau masih berlaku
  3. Jangan melakukan klaim dalam status polis Anda pada periode tunggu.
  4. Persiapkan segala sesuatu yang diperlukan pada pengajuan klaim seperti formulir klaim penjaminan atau rembusment, surat keterangan dokter dan formulir lainnya.

    Silakan download formulir : Download Form Klaim
Proses klaim asuransi prudential ada dua cara,  yakni cara penjaminan dan rembusment.  Cara penjaminan adalah cara klaim secara langsung berhubungan dengan pihak asuransi dengan memberikan manfaat langsung berupa manfaat yang ada dalam polis maupun ung tunai, sedangkan rembusment adalah proses klaim dengan uang sendiri dulu, baru diganti oleh pihak asuransi dengan bukti atau nota pembayran dari rumah sakit tertentu.

Cara Penjaminan

A. Klaim Rawat Inap
  1. Pastikan Anda menghubungi Pelayanan Medis 24 jam PRUhospital & surgical 75 sebelum rawat inap dilakukan, atau maksimal 2 x 24 jam setelah rawat inap dilakukan (jika keadaan darurat).
  2. Klarifikasi ketertanggungan diri Anda akan terlebih dahulu dilakukan oleh Petugas Pelayanan Medis 24 jam. Informasi yang akan ditanyakan meliputi :
- Nama Anda (pemegang kartu tertanggung PRUhospital & surgical 75)
- Nomor telepon
- Nomor Polis
- Tanggal lahir
- Nama Rumah Sakit dan Dokter yang ingin dituju (jika ada)
- Surat rujukan dari Dokter
- Gejala atau kondisi medis yang Anda hadapi sehingga memerlukan rawat inap
  1. Selanjutnya Petugas Pelayanan Medis 24 jam dapat memberikan referensi atau informasi mengenai Rumah Sakit yang menjadi rekanan/provider atau Anda dapat memilih Rumah Sakit sesuai dengan keinginan Anda asalkan masuk dalam daftar provider. Petugas Pelayanan Medis 24 jam dapat memberikan saran-saran medis jika Anda butuhkan
  2. Sesegera mungkin setelah Anda tiba di Rumah Sakit. Anda harus menunjukan Kartu Tertanggung Anda kepada petugas administrasi rumah sakit
  3. Selama perawatan Anda memenuhi ketentuan dan batas maksimal manfaat yang tertera di Polis Anda, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya perawatan di Rumah Sakit. Karena biaya-biaya yang timbul sehubungan perawatan tersebut akan dijamin atau ditanggung terlebih dahulu oleh PT Prudential Life Assurance. Apabila ada selisih yang melebihi batas maksimal manfaat yang tertera dalam Polis, termasuk apabila Anda dirawat inap di kamar yang biayanya diatas batas manfaat polis Anda, maka selisih biaya yang dimaksud akan diinformasikan kepada Anda. Selisih dari biaya tersebut, harus Anda bayarkan ke Rumah Sakit sebelum Anda meninggalkan Rumah Sakit.
  4. Daftar provider rumah sakit dapat berubah. Oleh karena itu, untuk mengetahui daftar provider yang terbaru klik di sini. Anda dapat menghubungi Petugas Pelayanan Medis 24 jam PRUhospital & surgical 75.
B. Klaim Rawat Jalan (khusus perawatan sebelum dan sesudah rawat inap)
Kartu Tertanggung PRUhospital & surgical 75 Anda tidak dapat dipergunakan sebagai jaminan pembayaran atas biaya rawat jalan yang Anda lakukan. Klaim rawat jalan, sesuai dengan yang tertera di Ringkasan Polis dan Ketentuan Polis, dapat Anda ajukan setelah pengobatan dilakukan, dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Mengisi Formulir Klaim dengan lengkap, jelas dan benar. Formulir dapat diperoleh di Kantor Pusat Prudential Life Assurance atau melalui website pada menu "Formulir Klaim dan Aplikasi Lainnya"
  2. Melengkapi dokumen persyatan klaim, yaitu :

    - Semua kuitansi dan tanda terima asli atas biaya perawatan
    - Laporan Lengkap dari Dokter / SKD (Surat Keterangan Dokter)
    - Rincian biaya perawatan dari Dokter, termasuk biaya obat-obatan dan jasa yang diberikan
  1. Dokumen persyaratan klaim tersebut di atas mohon dikirimkan ke : PT Prudential Life Assurance
    Prudential Tower Jl.Jendral Sudirman Kav.79, Jakarta 12910 atau ke kantor cabang terdekat di daerh anda.
Cara Rembushment

Proses untuk Rawat Inap dari produk PRUmed, PRUmedika prima, PRUhospital & Surgical,
PRUhospital &Surgical Syariah, Hospital Cash Plan, Hospital In Safe dan PRUhospital care.

Syarat rembushment untuk klaim ganti uang di Perusahaan asuransi prudential
  1. Formulir klaim yang telah diisi dengan benar dan lengkap
  2. Formulir Surat Keterangan Dokter
  3. Resume Medis
  4. Salinan seluruh hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi
  5. Kuitansi asli beserta rinciannya 
Serahkan dokument tersebut untuk disetujui dan anda akan mendapatkan ganti rugi sesuai nominal yang anda habiskan untuk biaya rawat inap dan pengobatanlainnya.

Proses untuk non rawat Inap
  1. Polis Asli
  2. Formulir Klaim Meninggal Dunia/ Crisis Cover/ Waiver/
  3. Total&Permanent Disability / PRUpersonal accident death&disablement.
  4. Formulir Surat Keterangan Dokter
  5. Resume Medis
  6. Salinan seluruh hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi
  7. Salinan KTP/bukti kenal diri Anda dan Penerima Manfaat
  8. Surat Keterangan Meninggal Dunia dari Rumah Sakit (formulir A1) dan
  9. salinan surat keterangan kematian Tertanggung/Akte Kematian, jikameninggal dunia.
  10. Salinan Pengubahan Nama (Jika pengubahan nama pernah terjadi)
  11. Surat Berita Acara Kepolisian jika meninggal karena kecelakaan yang melibatkan pihak Kepolisian
Demikian informasi mengenai proses klaim asuransi prudential yang bisa anda jadi refensi dalam mendapatkan manfaat dari produk asurnasi yang anda beli. Sekian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Klaim Asuransi Prudential Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel