Status SPT Nihil? Ini Arti dan Penjelasannya!

Status SPT Tahunan anda nihil? Apa artinya? SPT nihil adalah ketika wajib pajak baik pribadi atau badan memperoleh penghasilan neto yang kurang dari Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Lalu apakah tetap melapor? Iya, sesuai ketentuan perpajakan Wajib Pajak yang memperoleh penghasilan neto tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dikecualikan dari kewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi, namun bagi wajib pajak yang sebelumnya sudah memiliki Objek Pajak atau memiliki Objek pajak lain selain dari PPh 21 diharuskan tetap melapor. Jika tidak, akan ada sanksi bagi yang tidak melapor SPT tahunan pribadi.
Arti SPT Nihil, Penjelasan dan cara pelaporan

Faktor Status spt Nihil

Faktor yang seringkali dilupakan oleh wajib pajak dalam mengisi formulir SPT Tahunan 1770 s/ss/ 1721 adalah tidak mengisi penghasilan selain penghasilan utamanya. Terutama adalah Pegawai dan karyawan yang berkerja di Perushaan swasta atay BMUN yang memiliki usaha lain sebagai tambahan penghasilan dan itu tidak dimasukan dalam formulir!

Selain sumber penghasilan, faktor tanggunagan anak bertambah jadi kemungkinan SPT nihil, karena semakin banyak tanggungan semakin banyak pula pemotongan Penghasilan tidak kena Pajak, sehingga PKP menurun dari tahun ke tahuan. Kalau yang faktor ini masih dimaklumi mengingat tanggungan yang besar, berbeda dengan yang tidak memasukan penghasilan lain di formulir SPT karena mungkin adanya kesengajaan agar tidak kena pajak dan tidak ada kewajiban melapor. Dalam artian menyembunyikan sebagian hartanya,

Mengingat banyak pengemplang pajak, ditjen Pajak diminta meneliti pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan PPh orang pribadi yang nilai pembayaran pajaknya nihil. Ditjen pajak mengungkapkan hal yang sama, bahwa pada dasarnya kebanyakan wajib itu hanya melaporkan .penghasilannya dari tempat dia kerja, sedangkan penghasilan di luar itu tidak dilaporkan. Jadi kebanyakan SPT yang dilaporkan nilainya nihil.

Baca : Cara mengisi SPT Tahunan yang nihil

Meski nihil bukan berarti tidak bayar pajak, mereka tetap bayar pajak yang telah dipungut langsung oleh pemberi kerja atau perusahaan. Namun penyembunyian harta harta atau penghasilan selain pekerjaan utama masih menjadi masalah pagi ditjen pajak agar supaya mereka melaporkan hartanya. Butuh startegi untukemnundukan pengemplang pajak.

Tax Amnesty

Pada akhirnya, pada akhir tahun 2016 Presiden Joko Widodo menawarkan Tax amnesty untuk membuka siapa saja yang mengemplang pajak dari harta harta yang tidak dilaporkan. Cara tax amnesty berhasil membuka para pengemplang pajak menyetorkan harta dan penghasilannya dan membayar pajak sesuai ketentuan.Dari Tax amnesty, Indonesia mendapatkan 103 T diperiodepertama dan kedua sebesar 93 T.
Rp103 triliun dan pembayaran tunggakan serta bukper Rp4 triliun. Jika dirinci, perolehan dana tebusan periode kedua hanya mencapai Rp9,5 triliun. Sangat jauh jika dibandingkan periode pertama yang mencapai Rp93,7 triliun. - See more at: http://mediaindonesia.com/news/read/85392/njomplang-perolehan-tax-amnesty-periode-i-dan-ii/2017-01-01#sthash.MSALZ9mr.dpuf
Rp103 triliun dan pembayaran tunggakan serta bukper Rp4 triliun. Jika dirinci, perolehan dana tebusan periode kedua hanya mencapai Rp9,5 triliun. Sangat jauh jika dibandingkan periode pertama yang mencapai Rp93,7 triliun. - See more at: http://mediaindonesia.com/news/read/85392/njomplang-perolehan-tax-amnesty-periode-i-dan-ii/2017-01-01#sthash.MSALZ9mr.dpuf

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Status SPT Nihil? Ini Arti dan Penjelasannya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel