Contoh Pengisian SPT Pribadi 1770 SS Nihil

Berikut saya sampaikan mengenai informasi cara dan contoh pengisian SPT Pribadi 1770 SS / 1770 S yang nihil. SPT Nihil artinya wajib pajak memperoleh penghasilan neto yang kurang dari Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Sesuai ketentuan perpajakan Wajib Pajak yang memperoleh penghasilan neto tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dikecualikan dari kewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi, namun bagi wajib pajak yang sebelumnya sudah memiliki Objek Pajak, terutama kewajiban PPh 21 diharuskan tetap melapor. Jika tidak, akan ada sanksi bagi yang tidak melapor SPT tahunan pribadi.

Cara melapor atau menyampaikan spt pribadi  adalah dengan cara mengisi formulir 1770 ss baik secara online maupun manual. Pelaporan SPT secara online dinilai lebih efektif karena hanya menggunakan internet dari rumah, tidak perlu ke kantor pelayanan pajak, namun bagi sebagian kecil orang melaporkan SPT online menjadi rumit karena tidak mengenal sistem pelayanan online, sehingga masih saja yang melakukannya secara manual. Jika anda masih menggunakan metode manusal. silakanbaca : Cara mengisi SPT Tahunan secara manual , Karena yang akan saya sampaikan di artikel ini berupa contoh pengisian SPT pribadi 1770 ss secara online, khususnya yang SPT Nihil.

Pengisian SPT melibatkan beberapa dokumen agar bisa mengisi SPT seccara lengkap, antara lain

1. Formulir 1721 A1 atau A2

Mintalah formulir 1721 A1 atau A2 kepada pemberi kerja Anda. Data dari formulir ini yang harus Anda laporkan pada saat mengakses portal e-Filing SPT Tahunan Pribadi DJP Online.

2. EFIN

EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identifikasi wajib pajak dari DJP untuk melakukan e-filing atau lapor pajak online. Untuk mendapatkan EFIN atau bila sudah punya tapi lupa, wajib pajak harus mendatangi KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat dengan membawa NPWP dan mengisi formulir aktivasi EFIN.

3. Data penghasilan lainnya, kewajiban/utang, harta (bila ada)

Bila Anda memiliki penghasilan lainnya di luar pekerjaan tetap Anda, kewajiban/utang, atau harta maka siapkan data-data tersebut agar Anda dapat mengisi SPT Tahunan Pribadi Anda dengan mudah seperti
 Bukti kepemilikan harta, seperti buku tabungan, sertifikat tanah/bangunan, STNK Daftar utang seperti rekening utang Kartu keluarga


Jadi siapkan berkas bekas diatas agar bisa mengisi Formulir SPT online secara lengkap. Jika sudah siap, silahkan baca langkah langkah dalam mengisi SPT secara online dibawah ini :

Langkah Masuk :

1. Pertama, silakan kunjungi DJP online untuk Login. Gunakan Kode Efin Anda.
Contoh Pengisian SPT Pribadi 1770 SS Nihil

2. Untuk melaporkan SPT Tahunan melalui e-Filing klik tombol e-Filing

Contoh Pengisian SPT Pribadi 1770 SS Nihil
3. Klik tombol buat SPT

4. Kemudian akan muncul pertanyaan:
  • Apakah Anda menjalankan usaha atau pekerjaan bebas? Apabila Anda akan menggunakan SPT 1770 SS maka Anda mengklik tombol tidak.
  • Apakah Anda seorang suami atau istri yang menjalankan kewajiban perpajakan terpisah atau pisah harta? Apabila Anda seorang suami atau istri yang tidak menjalankan kewajiban perpajakan terpisah atau pisah harta, maka anda mengklik tombol tidak
  • Apakah penghasilan bruto yang Anda peroleh selama setahun kurang dari 60 juta rupiah? Apabila penghasilan Anda lebih dari 60 juta rupiah, maka Anda mengklik tidak.
  • Anda dapat menggunakan formulir 1770 SS, pilihlah form yang akan digunakan? Kami menyarankan Anda menggunakan SPT  1770 SS dengan Panduan.
 Langkah Mengisi SPT

1. Isilah data formulir, masukkan tahun pajak 2016, pilih status SPT Normal jika Anda baru pertama kali lapor untuk tahun pajak 2016. Klik tombol langkah berikutnya.

2. Isikan daftar pemotongan/pemungutan PPh oleh pihak lain atau PPh yang ditanggung pemerintah dengan meng-klik tombol tambah, maka akan muncul tampilan yang meminta untuk diisi NPWP, Nomor bukti pemotongan/pemungutan, tanggal bukti pemotongan/pemungutan, jumlah yang dipotong/dipungut, seperticontoh gambaer dibawah ini :



3. Masukkan jumlah penghasilan netto dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan Anda (contoh untuk formulir 1721 A1 jumlah penghasilan netto berasal dari nomor 14 atau nomor 16 khusus untuk karyawan yang pindah cabang). Klik tombol langkah berikutnya.

4. Silakan Klik tidak, kemudian Langkah berikutnya, jika ada pertanyaan :

Apakah anda memiliki penghasilan dalam negeri lainnya?
Apakah Anda memiliki penghasilan luar negeri?
Apakah Anda memiliki Penghasilan yang tidak termasuk objek pajak?
Apakah Anda memiliki penghasilan yang pajaknya sudah dipotong secara final?

5. Apabila ada pertanyaan, Apakah anda memiliki harta? Apabila Ya, Isikan daftar harta yang Anda miliki dengan meng-klik tombol tambah. Masukkan informasi terkait harta.

6. Apakah anda memiliki utang? Jika Ya, Isikan daftar utang yang Anda miliki. Klik tombol tambah . Masukan informasi pilih kode utang sesuai dengan jenis utang Anda.

7. Apakah anda memiliki tanggungan? Jika Ya, Masukkan daftar yang menjadi tanggungan Anda dengan klik tombol tambah. Masukkan nama contoh: masukkan nama anak, nomor induk kependudukannya, hubungan keluarga contoh: anak kandung dan pekerjaan contoh: pelajar.

8. Isi status kewajiban perpajakan Suami Istri dengan memilih status perkawinan Anda. Apabila anda sudah berkeluarga klik status perkawinan kawin. Lalu status kewajiban perpajakan suami istri pilih kepala keluarga. Selanjutnya pilih golongan PTKP anda. Apabila anda telah berkeluarga dengan memiliki satu anak kandung maka pilih Kawin/K lalu pilih kolom sebelah kawin/K dengan angka 1. Setelah itu klik tombol langkah berikutnya.

9. Pada langkah ini akan ditampilkan penghitungan pajak penghasilan dan SPT Anda berdasarkan data yang Anda masukkan pada langkah-langkah sebelumnya.  Status SPT akan telihat pada bagian bawah tampilan apakah NIhil, Kurang Bayar atau Lebih Bayar. Periksa kembali data tersebut, apabila sudah sesuai klik tombol langkah berikutnya. Jika Nihil, klik langkah selanjutnya.

10. Pada langkah ini akan muncul pernyataan: dengan menyadari sepenuhnya dan segala akibatnya termasuk sanksi-sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, saya menyatakan bahwa apa yang telah saya beritahukan di atas adalah benar, lengkap, jelas.

11.  Layar akan menampilkan data SPT Anda, untuk mengirimkan SPT klik tombol di sini pada kalimat ambil kode verifikasi untuk meminta kode verifikasi. Berikutnya akan muncul pilihan media untuk pengiriman kode verifikasi,pilih email lalu klik ok.
 
12. Masukkan kode verifikasi anda yang terdapat pada email ke dalam kolom kode verifikasi lalu klik tombol kirim SPT. Berikutnya akan muncul  notifikasi info SPT anda berhasil dikirim, bukti penerimaan elektronik telah dikirimkan ke email anda.



Sekian, Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Pengisian SPT Pribadi 1770 SS Nihil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel