Cara Mengisi Formulir SPT 1770 SS Secara Manual

Cara mengisi Formulir SPT 1770 SS secara manual memang sudah ditinggalkan sebagian banyak wajib pajak didunia, bahkan di Indonesia sekalipun. Wajib pajak sudah beralih mengisi atau membuat SPT tahunan secara online. Di Indonesia sudah cukup lama penerapan pajak online hanya saja, awal 2012 baru banyak yang menggunakan karena ada instruksi atau semacam kampanye untuk berlaih ke online guna mempermudah dan menghindari beban pajak dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun sudah banyak yang menggunakan online, tetapi masih banyak yang mengisi dan membuat SPT secara manual menggunakan excel karena tidak semua orang mengenal jaringan internet, terutama pegawai pegawai lama. Nah bagi anda yang memang kesulitan mengisi secara online anda bisa mengikuti langkah langkah berikut ini :

Panduan Mengisi Formulir SPT 1770 SS

Perlu anda ketahui bahwa Formulis SPT 1770 SSadalah formulir untuk karyawan atau pegawai yang memiliki penghasilan dalam negeri dari satu pemberi kerja dengan penghasilan bruto dalam satu tahun tidak lebih dari 60 juta.

Formulir ini terdapat 3 bagian utama, yaitu :

Bagian. A Pajak Penghasilan




Bagian ini diisi dengan penghasilan bruto dalam 1 tahun, yang didapatkan dari gaji perbulan, misal gaji anda r juta dalam 1 bulan makan dalam 1 tahun, Penghasilan bruto anda sebesar 60 Juta.

Pengurangan, penghasilan kena pajak dan pajak terutang didapat dari formulir 1721 yang sebelumnya didapat dari perhitungan pajak penghasilan, PPh 21. Jika belum maksuuud, silakan baca : Cara menghitung PPh 21

Bagian B Pajak Final

Bagian ini diisi jika ada bukti potong perusahaan tempat adan bekerja, jika tidak ada, tidak perlu diisi.

Bagian C Daftar Harta dan Kewajiban

Bagian ini diisi dengan jumlah harta dan kewajiban anda saat itu, seperti nila rumah, tanah, mobil baik pun dalam bentuk sudah menjadi milik utuh maupunkredit. Karena itu masuk dalam kewajiban.

Dengan melihat Bagian ini artinya, anda sudah siap dalam mengisi formulir 1770 ss dengan fomulir pendukung,yakni :

1.  Formulir 1721-A1 atau 1721 A2
2.  Formulir Bukti Potong PPh 21 (Final) ---->jika ada
3.  Daftar Harta dan Kewajiban

Anda bisa melihat, SPT 1770 ss yang sudah diisi sebagai contoh dalam pengisian SPT pribadi anda. Silakan baca : Contoh SPT 1770 yang sudah diisi

Demikian kiranya, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengisi Formulir SPT 1770 SS Secara Manual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel